Kamu punya caramu. Ini caraku. - Nyovika

Rabu, November 20, 2013

Suka Main Catur Gak?


catur


Sewaktu di SMA aku suka main catur sama temen sekelasku. Sekedar cerita nih, kita sering main catur hampir setiap hari, bahkan nggak cuma waktu istirahat, tapi waktu jam pelajaran juga kadang kita malah fokus main catur.
Eits, tapi bukannya kita dibiarin sama gurunya loh, tapi karna gurunya emang nggak tau kalau beberapa muridnya yang anteng ternyata lagi pada main catur.

Karna catur yan biasa kita mainin bukan yang gede itu, tapi aplikasi game catur di handphone android, jadi deh gurunya nggak keliatan, kan hapenya kecil gampang diselundupin. Hihi

Dan tambahan cerita...
Nggak tau sejak kapan aku suka main catur, padahal awalnya aku anak pendiam yang bener-bener buta tentang permainan bernama 'catur' atau 'skak' gitu biasa temen aku bilang, karna aku kira itu game yang bikin ngantuk apalagi kalau nggak tau cara mainnya.



Yah, terbukti kalau aku payah!
Karna dari 10X permainan, palingan aku cuma pernah menang 2X. -__-
(gapapalah daripada nggak menang sama sekali)

Iya! Walaupun aku lebih banyak kalahnya daripada menangnya. Tapi kok aku suka ya [?]
Aneh gak sih gue .__.

 **

Sampai pernah dibilangin sedikit bocoran..
"jangan asal maju, tapi pikirin langkah kedua sebelum melangkah yang pertama"
"pikirin dulu langkah berikutnya"
"pakai strategi! Apa tujuanmu?"
Kira-kira begitu yang aku tangkap

**

Entah kenapa aku jadi menyambung-nyambungkan antara catur dan hidup.

Jika dalam permainan catur aku tidak boleh asal maju, bukankah hidup juga begitu? Tidak boleh asal maju.
Kadang ada orang yang sangat berambisi untuk medapatkan keinginannya tanpa tau apa yang akan dilakukan setelah mendapatkannya.
Seperti melangkahkan Ratu dalam catur ke kotak yang aku mau tanpa memikirkan untuk apa, dan setelahnya akan kemana.

Berambisi tanpa memikirkan manfaat dari ambisinya itu seperti melangkah yang pertama tanpa memikirkan langkah keduanya dalam permainan catur.


Ketika kita bermain catur asal-asalan tanpa strategi, dan berprinsip yang penting maju dulu tanpa memikirkan langkah selanjutnya apa yang akan diambil. Jika terus seperti itu, ya nggak akan menang-menang. Karna permainan catur butuh strategi.

Seperti ketika kita menginginkan sesuatu dalam hidup, tanpa memikirkan untuk apa atau akan apa setelah kita mendapatkannya. Jika terus seperti itu, ya kita akan gitu-gitu aja. Karna pikiran labil dan tujuan yang kurang jelas.

Bukankah sudah jelas, dalam permainan catur tujuannya adalah mengalahkan Raja lawan. Jadi aku harus menggerakkan Kuda, Ratu, dan lainnya untuk mendekati dan mengalahkan Raja. Jadi setiap langkah yang aku ambil punya tujuan, yaitu Raja lawan.

Dan ketika kita hidup di dunia nyata, kita harus punya tujuan. Jadi ketika kita menginginkan sesuatu, keinginan kita adalah jalan untuk mencapai tujuan kita. Jadi setiap kita mewujudkan keinginan kita, kita tau akan berbuat apa setelahnya, yaitu mencapai tujuan.

Ada yang pernah bilang padaku..
Yang terpenting bukan mencapai keinginan, tapi yang terpenting adalah apa saja yang bisa kamu lakukan setelah kamu dapat keinginanmu. 


Apa tujuanmu?

Get it?


14 komentar:

  1. Keren, dari catur di sambungin ke kehidupan. Tapi,,, ayok main catur bareng :D

    BalasHapus
  2. Catur. hehe. jadi ingat masa sma. saya jg termotivasi dan terinspirasi dari permainan catur ini. Tujuan itu bituh strategi jitu, tapi, juga memikirkan seberapa banyak bidak yg harus dikorbankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya, banyak bidak yg dikorbankan :o

      Hapus
    2. Trims uda kunjungan balik girl... Mengenai bidak, setidaknya pengorbanan dalam hidup kita bukanlah pengorbanan yang sia-sia. btul?

      monggo di seruput Teh Es atau Es Teh di entri terbaru saya.

      Hapus
  3. wah latian main catur terus nih, bisa jadi master nanti :D
    like it sama kalimat terakhir postingannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wi master, amin :p
      Makasi ya udah mampir :)

      Hapus
  4. jadi teringat masa SMA dulu... main catur ketika pas pelarajaran, eh gak taunya ketahuan dan habis kena semprot sama pak guru... hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, untungnya kok aku ga pernah ketauan ya :p

      Hapus
  5. gelar papan, aku memilih hitam dan kamu yg putih. yuk main catur! hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ayok biasa jg aku pake yg putih :D

      Hapus
  6. Yuk mbak duel catur sama saya :D

    BalasHapus
  7. Kehidupan bisa dianalogikan sebagai permainan catur :) keren

    BalasHapus

Social Profiles

Twitter Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Download

Apapun proses yang tengah kamu jalani, percaya deh! Kamu hebat :)

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Angka Hoki

Cari Blog Ini

Translate

Laman

BTemplates.com

About

Copyright © Here I Am | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com