Kamu punya caramu. Ini caraku. - Nyovika

Jumat, Agustus 31, 2018

7:46 AM

Pagi ini, beberapa menit sebelum masuk kerja. Aku ingin nulis sedikit tentang ingatan.

Beberapa hari kemarin aku mendengarkan guruku menerangkan sedikit sejarah tentang Muslim.
Ada beberapa poin yang aku dapat disitu.
1. Aku sangat tidak memahami sejarah.
2. Banyak hal yang sudah ada jalan keluarnya, tapi nyatanya di jaman sekarang banyak orang masih tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Maksudnya, ada masalah-masalah yang sekarang aku masih bingung, itu seharusnya sudah ada jawabannya dari dulu, seandainya kalau aku mau baca lebih banyak sejarah. Atau kalau beruntung bisa sering ketemu orang kaya guruku yang dengan senang menceritakan sejarah.
3. Bahwa seseorang bisa akan besar perkembangannya kalau dia sudah memahami sejarah. Karna beberapa Syekh atau orang hebat jaman dulu yang di ceritakan guruku itu dapat memecahkan masalah pada jamannya, dengan  ilmunya yang dimana dia sudah tau cerita awalnya (sejarah dulunya gimana). Itu salah satu sebab, kenapa seseorang itu bisa menghadapi masalahnya karna dia belajar. Aku jadi ngerasa, apa mungkin aku merasa tertinggal sekarang, karna aku belum tau awalnya gimana?
Sempat aku mikir, beruntungnya mereka yang hidup di jaman dulu, mereka bisa mempelajari sejarah dari awal. Beda dengan orang sekarang, dimana peradaban sudah terlalu lama. Dan mana mungkin bisa mempelajari semua sejarah, itu terlalu luas, dan akan butuh waktu yang sangat lama.
Kalau dibilang nggak ada yang nggak mungkin selama ada niat.
Tapi nggak semua orang berpikiran sama kayak gitu. Dan niat juga masih suka datang dan pergi seenaknya (aku banget).

Semakin aku denger orang kaya guruku bicara, aku merasa ternyata aku bodoh.
Berubah pun nggak pernah gampang. Yang dasarnya males kayak aku, nggak jarang juga cuek banget.
Kalau memang waktuku nggak cukup untuk mempelajari semua hal, aku suka kok mempelajari hal-hal yang aku suka.
Kalem vik, jangan panik karna kamu me'rasa' bodoh.
Rasa-rasa itu cuma akan datang sementara sama kaya perasaan-perasaan lain. Setelah hari ini aku yakin kamu akan merasakan hal lain kok atau harus me'rasa' lebih baik (ngomong sama diri sendiri).
Dengan cara apa? Mungkin salah satunya belajar.



0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Download

Apapun proses yang tengah kamu jalani, percaya deh! Kamu hebat :)

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Angka Hoki

Cari Blog Ini

Translate

Laman

BTemplates.com

About

Copyright © Here I Am | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com